Selasa, 05 Maret 2013

Telaah Jurnal Strategi Komunikasi dan Pembangunan Masyarakat Perikanan



a.                  Alasan pemilihan judul jurnal
            Dalam sebuah upaya untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik diperlukan strategi komunikasi yang tepat. Jurnal “Strategi Komunikasi dan PembangunanMasyarakat Perikanan” yang ditulis oleh Marzuki  Noor  akan menjelaskan strategi tepat untuk membangun masyarakat perikanan sebagai produsen utama yang tidak dirugikan. Isi jurnal ini juga dapat dikaitkan dengan dakwah dalam Islam untuk membentuk masyarakat berakhlak. Usaha yang dilakukan antara pembangunan masyarakat perikanan dengan berbagai pendekatan dan pembangunan masyarakat berakhlak Islam memiliki beberapa kesamaan, yaitu dalam bidang pendekatan misalnya perlu adanya perencanaan yang berorientasi  pada pemecahan masalah yang didasarkan pada kesesuaian dengan ojek masalah, kemudian perlu adanya pengorganisasian yang lebih baik dan berkesimanbungan.

b.                  Intisari jurnal
            Peran serta masyarakat adalah merupakan sasaran sekaligus alat mencapai tujuan pembangunan, masyarakat  sendirilah yang lebih  memahami  kebutuhan serta prioritasnya, karenanya merekalah yang berperan sebagai pelaku dan pengambil manfaat. Strategi pembangunan desa hanya dapat diwujudkan sepenuhnya dengan menggerakkan   keterlibatan  aktif  dan organiasi pada tingkat paling dasar atau masyarakat desa terutama pada tingkat tidak  beruntung.  Masyarakat pada lapisan terbawah  ini perlu  organisasi tersendiri, perselisihan antar mereka diselesaikan dengan cara mareka dan yang menguntungkan mereka. Dalam organisai campuran, kepentingan utama yang miskin jarang  tercermin. Tidak ada cara- cara yang sederhana mengobati dan menyelesaikan masalah tersebut, tetapi pendekatan yang lebih sabar lengkap, terpadu dan serempak   untuk merencanakan dan melaksanakan proyek pembangunan perikanan skala kecil  akan  memberikan hasil positif  yang tidak dapat  dicapai dengan cara  lain. Bentuk-bentuk dasar organisasi pada tingkat dasar dapat digerakkan bersamaan dengan partisipasi mereka, dan untuk itu diperlukan   upaya  menghimpun  dan  menggerakkan  bentuk-bentuk  organisasi  dasar dan partisipasi sehingga terbentuk Pusat Masyarakat Perikanan  (PMP) yang dinamis. Makna Pusat Masyarakat Perikanan (PMP) adalah kompleks fasilitas dan pelayanan yang dijalin untuk  memenuhi  kebutuhan  masyarakat nelayan setempat. Strukturnya bisa terletak dalam satu tempat atau lokasi, dapat juga tersebar dalam satu desa bila diperlukan secara khusus untuk menyesuaikan dengan kemungkinan desa tertentu. Hal yang penting adalah bahwa  fasilitas-fasilitas  yang  diperlukan  ada,  dan ditempatkan secara fisik  dan  dijalankan dengan pengaturan yang layak satu  sama  lain  dan dalam keterjangkauan masyarakat. PMP bukanlah sekadar merupakan kumpulan gudang, toko, bengkel, dsb, melainkan merupakan  pusat  kehidupan perikanan  di desa. Di sinilah nelayan menyatakan kebutuhannya, memenuhi kebutuhannya, memperoleh penyuluhan, merundingkan harga,  pengiriman   barang,  mendapatkan pelayanan sosial lainnya.
            Dalam kajian tentang strategi komunikasi pembangunan PMP ini lebih menekankan pada strategi partisipatori. Dengan menggerakkan mengorganisir menangani bentuk-bentuk dasar  organisasi kelompok  nelayan serta kegiatannya akan melahirkan partisipasi masyarakat,   gerak dan arah yang dilakukan sendiri oleh masyarakat nelayan merupakan wujud pertumbuhan pribadinya. Dengan demikian, dalam pembangunan PMP ini lebih ditekankan pada pengalaman keikutsertaan nelayan dalam membangun dirinya dan lingkungannya. Keikutsertaan masyarakat ini sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Strategi komunikasi dalam pembangunan  PMP pada hakikatnya  merupakan  cara  untuk  menggerakkan  bentuk  organisasi dasar dan partisipasi dari masyarakat nelayan dalam perencanaan, penyelenggaraan,  dan mengemasi. Jadi dalam pembangunan PMP lebih ditekankan pada pemberian pengalaman keikutsertaan nelayan dalam membangun diri dan lingkungannya sendiri.
            Perikanan  skala kecil  baik di darat maupun  di laut  telah  memberikan lapangan kerja dan mata pencaharian bagi nelayan, keluarganya, dan buruh. Berbeda dengan   industri perikanan besar,  usaha perikanan skala kecil ini menggunakan  sumber yang lebih asli dan hemat biaya, energi, perlengkapan, prasarana dan devisa. Usaha ini juga sering memberikan "benefit costratio" yang lebih besar daripada usaha perikanan besar,lebih efektif menyumbang swasembada dan ekonomi nasional serta  menghasilkan keuntungan sosial lebih banyak.
            Secara spesifik PMP bertujuan: (1) Agar masyarakat nelayan dapat berproduksi dengan baik, tanpa ikatan denganjuragannya,  (2) Dapat menjual hasilnya dengan   harga  yang  layak, (3) Dapat  menjangkau kebutuhan hidupnya dengan cepat, dalam lingkungan                                                            masyarakatnya sendiri yang meliputi: (a) Dapat membeli kebutuhan pokok (sandang, papan, pangan), maupun kebutuhan penunjang lainnya dengan mudah dan murah. (b) Dapat menerima pelayanan teknis produksi dan pemasaran  dengan mudah.  (c) Dapat menerima pelayanan sosial, informasi dsb dengan cepat.
            Beberapa komponen pokok PMP meliputi: (I) Warga masyarakat nelayan,  (2)Kelompok organisasi (himpunan nelayan, himpunan pengolah, himpunan pedagang,  himpunan wanita nelayan, dsb), (3)Penyelenggara pemilik fasilitas dan pelayanan (perseorangan, koperasi, perusahaan swasta, pemerintah), (4) Tim pengawas (wakil pemerintah, wakil UPP, wakil penyelenggara, wakil tim ahli), dan (5) UPP (Unit Pembinaan Perikanan).
           
c.                   Manfaat jurnal bagi perubahan masyarakat dan mahasiswa
            Jurnal ini akan memberikan informasi tentang bagaimana strategi untuk membangun masyarakat perikanan yang lebih baik. Bila pembangunan PMP seperti dalam jurnal ini akan terwujud, masyarakat khususnya nelayan akan mendapat kemudahan untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidup serta informasi dengan cepat. Masyarakat nelayan akan sadar dengan keadaan perekonomian mereka yang belum tertata. Masyarakat akan mengerti peran mereka dalam sebuah organisasi dasar yang akan dibentuk demi kesejahteraan hidup mereka. Masyarakat akan mendapat pengalaman yang berharga dalam membangun lingkungannya sendiri mulai dari perencanaan. Hubungan silaturahmi yang baik juga akan tercipta dengan adanya PMP ini. Agama Islam menghendaki terciptanya kehidupan harmonis dalam setiap anggota masyarakat dan Islam juga menghargai hak pribadi, tetapi Islam lebih mengutamakan kepentingan bersama yang tidak bertentangan dengan nilai- nilai Islam.
            Mahasiswa akan mendapat pengertian bahwa dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk membangun masyarakat nelayan yang sejahtera. Organisasi – organisasi besar tidak akan bisa mengatasi masalah yang timbul di masyarakat golongan bawah, jadi dibutuhkan organisasi dasar yang dimotori oleh masyarakat bawah itu sendiri. 

d.                  Kesimpulan dan saran
1.                  Kesimpulan
            Jurnal ini mengandung isi yang nyata dan dapat dipraktekan dalam lingkungan masyarakat nelayan. Pemikiran jurnal ini membuka pikiran bahwa tidak semua rencana pembangunan masyarakat harus dijalankan dari pemerintah atas, melainkan dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Pendekatan partsipatif dan prinsip keterpaduan penting dilakukan dalam pembangunan masyarakat nelayan.      
2.                  Saran
            Saran yang dapat disampaikan dalam telaah jurnal ini yaitu sebaiknya pembangunan PMP ini segera dapat disosialisasikan mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia didominasi oleh masyarakat nelayan. Sosialisasi dapat disampaikan melalui dakwah, karena dalam dakwah terjadi interaksi dan komunikasi antara banyak komponen masyarakat yang ada, baik ulama, pemerintah, umat, dan hartawan serta kaum cendikiawan lainnya beserta masyarakat umum. Dakwah akan menumbuhkan kesadaran pada umat dan dengan adanya dakwah dapat terjadi revormasi bahkan revolusi sosial yang pada dasarnya merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas diri pribadi dan demi kemajuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar