Rabu, 24 Maret 2010

ikan komet


(ikan komet)
Selain ayam, saya juga mempunyai peliharaan lain yaitu ikan. Saya mempunyai 4 ekor ikan komet di dalam akuarium saya. Saya lebih suka membeli ikan komet yang masih kecil, karena saya ingin melihat perkembangan tubuh ikan. Ikan komet kecil bisa dibeli dengan harga 1000 – 2500 per ekor. Kalau ikan komet besar bisa 10000 (bisa bangkrut saya kalau beli yang ini).
Saya sering sekali mengamati ikan komet saya yang sakit. Pernah ikan komet saya mengalami sakit, lalu tak lama ikan itu mati. Setelah saya lihat, ternyata ikan saya mempunyai benjolan di dekat insang kirinya. Tapi itu masih bisa dilepaskan. Bentuknya seperti jamur parasit atau apalah, saya kurang tau. Terus penyakit yang lain yaitu seperti munculnya warna merah di badan dan ekor. Warnanya seperti darah tapi kalau sudah ditetesi dengan obat yang saya beli di toko ikan, dalam waktu kurang lebih seminggu ikan tersebut akan sembuh dan kembali sehat.
Untuk menghindari serangan jamur, saya membersihkan akuarium sebulan sekali. Agar ikan tetap sehat dan tidak stress.

Tahun 2013 ini ikan komet saya sudah berumur lebih dari 5 tahun. Ikan komet yang tersisa tinggal 2 ekor saja. Namun bila dilihat secara seksama ikan komet saya ini mempunyai morfologi mata dan lubang hidung yang aneh. Matanya lebih menonjol dan seperti berisi gelembung tambahan di atas cairan normal matapadaumumnya. sedangkan pada sekeliling lubang hidungnya mempunyai kelopak seperti bunga dan ukuran lubangnya lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar